Sabtu, 09 Juni 2012

SUMBER KEBAKARAN


 Malam jum'at kemarin Di Kamar saya terjadi kebakaran kecil, yang tentu saja karena sebelum api menjadi besar sudah sudah ada orang yang melihat dan memadamkannya. Sehabis Isya' waktu saudi arabia, saya dan teman saya sedang didepan laptop lagi membaca eebok. Sementara teman yang lain ada yang sudah tidur, teman yang di ranjang atas saya lagi transfer data ke simcard untuk seorang teman  yang datang dari kamar lain. Tiba-tiba terdengar suara " pletek! Pletek! Pletek…! Kami semua kaget dan segera mencari dimana arah datangnya suara tersebut. Ternyata bersamaan dengan datang suara tersebut ada kobaran api diatas rak papan diatas meja.

Ahir –ahir ini teko elemen pemanas air yang kami miliki kurang waras. ketika ditekan tombol saklarnya ke on, lampu indikatornya tidak langsung menyala, yang itu artinya pemanas tidak bekerja. Tapi ketika sebelumnya sudah kondisi panas, kalau ditekan tombol on langsung menyala. Sehingga sebelum menggunakannya, kami biasa panasin air dengan memasukkan elemen pemanas batangan tanpa tempat air kedalam teko tersebut. Kalau sudah panas dan lampu indikator sudah menyala, maka elemen batangan tersebut  diambil.

Malam itu teman saya sedang menggunakannya untuk membuat  teh. Begitu lampu indikator sudah menyala elemen batangan segera dicabut  dan ditaruh diatas rak piring yang terbuat dari papan triplek, tetapi steker/ colokan ke listriknya nggak dicabut. Entah itu lupa atau dia sudah cabut tapi keliru dengan yang lain. Karena satu stopkontak itu ada 6 lubang .ketika saya tanya dia bilang bahwa dia merasa sudah mencabutnya.  Kemungkinan dia mencabut steker yang untuk rice cooker, kulkas atau yang lainnya. Waktu itu dia mencabut dengan buru-buru karena dapat  panggilan telpon.

Teman saya yang lain bercerita bahwa dia juga pernah mengalami hal yang sama sewaktu bekerja di malaysia. Sebelumnya teman dia sedang menggunakan elemen pemanas air . begitu selesai menggunakannya  sitemannya itu tidak mencabut steker dari stopkontak, dia hanya menekan tombol of di stopkontak langsung ditinggal. Beberapa menit kemudian yang temanku itu datang mau nge-charg handphon, sehingga tombol of ditekan ke on. Tanpa disadari dan nggak ngeh kalau ada elemen pemanas air yang masih ngonek. Handphon di charg bukannya ditungguin tetapi justru ditinggal berangkat kerja. Kabakaran dikamar itupun terjadi. Masih bersyukur karena belum nyampe sekamar ludes sudah ada yang melihat dan memadamkannya. Hanya kasur dan beberapa bahan makanan yang sudah terbakar.

Kita sering menyaksikan di Televisi  berita tentang kebakaran yang terjadi di Jakarta maupun Di Kota-kota lain. Mungkin saja salah satu penyebab sumber kebakaran adalah dari hal-hal kecil seperti itu dan tidak ada yang melihatnya hingga api menjadi besar. Kalau api sudah mengeluarkan amarahnya, dampaknya bukan hanya pada diri kita sendiri sang pelaku. Tetapi akan meluas jauh keman-mana tergantung seberapa lama dan seberapa cepat dia teratasi.

Ini menjadi pelajaran penting buat kita. ketika rumah atau kamar kontrakan akan kita tinggalkan pastikan semua aman. Jangan sepelekan hal-hal kecil yang berkaitan dengan listrik dan kompor gas. Kalau kebetulan anda mempunyai rumah kost atau kontrakan, hendaknya ada seseorang  yang bertanggung  jawab untuk selalu mengontrol disaat-saat sepi karena semua orang  pergi beraktifitas. Karena saya yakin diantara mereka, pasti ada saja orang-orang yang menyepelekan hal-hal kecil seperti ini yang mengakibatkan kebakaran. Ayo kita mulai dari diri kita untuk memperhatikan hal-hal yang seperti itu.  Insyaallah pencegahan akan lebih bermanfaat untuk anda dan keluarga.

Semoga bermanfaat…! AMIN!
Yuk saling ingat mengingatkan dalam hal kebaikan. jika ada khilaf, ingatkan saya di  @Bang_tono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar